Hallo kalian sahabat setia Simpliest..
Selamat sore, malam ataupun siang, terserah deh pokoknya yang penting kalian semua selamat T^T..
Oke langsung aja ke topik kali ini yaitu..


Membuat Kalkulator dengan Neetbeaaannss //jajajajannggg*sfx

duh.. duh.. sebelum itu udah kenal belum sih sama si Software satu ini?~
pastilah udah tau XD
Kita sama sama belajar disini ^W^9
oke kembali ke WC lagi.. eh maksudnya kembali ke topik kita.//efek sakit perut

pertama kita buka aplikasi Netbeans //yaiyalah masa buka toples kue ;~;
oke keh..
tuh kan udah tampil, hue hue..
terus Make your own project o.o9, buat projek muhh.
itu tuh yang gambar berkas plus (+)//huee gabisa jelasin XD

gini nanti tampil
Woahhh NEXTT!

Terush Finishs ^W^b

Buat JFrame Form, untuk buat model Kalkulatornye..

Isi datanya seperti di atas :3

Oke sebelum kita memulai ngoding, kita rubah framenya jadi supaya gampang ngeditnya ( Window --> Navigating --> Navigator ).

Gini gini cara ngubah layout managernya, klik tab Design di dokumen KalkulatorBaru.java(punya kalian pokoknya) terus kalian lihat di window Navigator ( sebelah kiri layar ) --> Klik kanan di [JFrame] --> Set Layout --> Absolute Layout

Ngedesein Interface Aplikasinya *^*

Ini nih bagian yang paling seru tapi juga agak ribet juga, kenapa ?. Karena kadang ada form atau tombol yang ga mau sejajar..
buhh..
Abis itu drag and drop dari window pallete ( Window --> Pallete ) yang berada di kanan layar ke dalamDesign KalkulatorBaru.java kita, geser kiri kanan bawah atas panjang lebar dan buatlah desain kalkuator seperti dibawah ini.
Desain kalkulator sederhana di netbeans
Jadiii, hue hue keren kan ?
Kalau kalian mau ngerubah nama variabel komponen caranya :
klik kanan pada komponen yang akan di edit -->  Edit Text ( untuk mengubah teks yang tampil) atau Change Variable Name ( Untuk mengubah nama variabel komponen )

Agar sesuai dengan kodingan yang udah kalian buat, ganti Variable Name tiap komponen sesuai daftar nama variabel dibawah ini. *Hati-hati, java bersifat CaseSensitive artinya besar kecil huruf mempengaruhi kodingan.
ini nih yang bikin puyeng @.@

Saatnya Ngoddiing ;D

Setelah selesai membuat desain interfacenya, sekarang satanya mengisi kodingan Java nya.
Pertama-tama adalah mendefinisikan tipe data
Klik tab Source di dokumen KalkulatorBaru.java 
Tulis definisi variabel yang kita butuhkan tepat dibawah
?
1
public class KalkulatorBaru extends javax.swing.JFrame {


?
1
2
3
String angka;
double jumlah,angka1,angka2;
int pilih;

Untuk mengisi kodingan, secara default tinggal Double Click pada komponen yang di inginkan maka kita langsung menggunakan Event actionPerformed ( panjangnya klik kanan pada komponen yang diinginkan --> Events --> Action --> actionPerformed ). Artinya kalau misanya user meng-klik tombol maka java akan menjalankan kode yang kita tulis di objek actionPerformed.

Inilah kode- kode yang harus ditulis pada setiap JButton

Tombol 0 s.d 9
?
1
2
angka += "x";
display.setText(angka);
Nilai x sesuai dengan angka pada tombol (JButton) yang akan ditampilkan di display (JTextField).
Maksud kode diatas adalah jika suatu tombol angka di klik maka akan meletakan 1 digit angka tertentu di sebelah kanan variabel angka. Lalu mengubah text pada display menjadi isi dari variabel angka.

Tombol koma (,)
?
1
2
angka += ".";
display.setText(angka);
Menambahkan simbol koma/point

Tombol C (Clear)

?
1
2
3
4
5
display.setText("");
angka1=0.0;
angka2=0.0;
jumlah=0.0;
angka="";

Memastikan semua komponen dan variabel bernilai nol / null.

Tombol ( + ) 
?
1
2
3
4
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("+");
angka="";
pilih=1;

Variabel angka1 merupakan penampung angka yang nantinya akan di operasikan dengan variabel angka2. Karena variabel angka1 kita deklarasikan bertipe dataDouble, maka variabel angka yang bertipe data String harus di konversikan dulu keDouble.
Mengubah teks pada display menjadi simbol +.
Variabel angka dikosongkan kembali untuk menampung String angka yang nantinya akan diberikan ke variabel angka2.
Pilih = 1 adalah integer yang berfungsi untuk pemilihan aksi pada switch case di jika tombol sama dengan ( = ) ditekan.

Untuk tombol operasi bilangan lainnya menyesuaikan seperti kode pada button (+)
Tombol ( - )
?
1
2
3
4
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("-");
angka="";
pilih=2;

Tombol (x)
?
1
2
3
4
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("*");
angka="";
pilih=3;

Tombol ( / )
?
1
2
3
4
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("/");
angka="";
pilih=4;

Tombol (=)
?
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
    switch(pilih){
        case 1:
            angka2 = Double.parseDouble(angka);
            jumlah = angka1 + angka2;
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
        case 2:
            angka2 = Double.parseDouble(angka);
            jumlah = angka1 - angka2;
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
        case 3:
            angka2 = Double.parseDouble(angka);
            jumlah = angka1 * angka2;
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
        case 4:
            angka2 = Double.parseDouble(angka);
            jumlah = angka1 / angka2;
            angka = Double.toString(jumlah);
            display.setText(angka);
            break;
            default:
            break;
}

Sebelum operasi bilangan dilakukan, variabel angka2 harus dikonversikan terlebih dahulu ke tipe data Double.
Variabel jumlah melakukan operasi bilangan angka1 dan angka2 yang sudah dikonversi ke tipe data Double.
Variabel angka mengkonversi variabel jumlah yang bertipe data Double menjadiString agar yang bisa ditampilkan di display.

Penyempurnaan Tampilan

Setelah kodingan selesai, perlu ditambahkan beberapa aturan yang harus kita tetapkan di Interface agar program lebih teratur dan tidak terjadi kesalahan program diakibatkan oleh user.

Mengatur Properti JFrame
Klik kanan di area (container) Desingn JFramenya --> Properties.
  • Isi title JFrame.
  • Uncheck resizable. Ini bermaksud agar pada saat program di Run user tidak bisa di mengubah panjang atau lebar window.
Properti JFrame di aplikasi kalkulator
Properti JFrame
Mengatur Properti JTextField

Klik kanan di komponen JTextField yang berada di dalam container JFrame -->Properties



  • Uncheck editable. Agar user tidak dapat memasukan karakter langsung dari keyboard. Menghindari karakter yang tidak diinginkan masuk ke display.
  • Horizontal Alignment ubah menjadi Right. Agar posisi angka menjadi rata kanan seperti kalkulator pada umumnya. 
Properti display kalkulator
Properti JTextField display

RUNNN..eh maksudnya jalanin program XD

Terakhir, adalah menjalankan Aplikasi Java nya.
Klik Run --> Run Project atau Run File.
Aplikasi Kalkulator Sederhana



Selamat, anda telah menyelesaikan satu project Java menggunakan Netbeans. :)


Special thanks : Dendicious

Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

Post a Comment

 
Top